UNIVERSITY OF GUNADARMA

Sabtu, 09 Juni 2012

SOFTSKILL B.INDONESIA

Pertimbangan dalam Memilih Pokok Masalah Penelitian

Ada empat hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pokok masalah, yaitu:

a. Manageable Topic
   Topik harus terjangkau oleh peneliti setelah memepertimbangkan latar belakang pengetahuan, kecakapan dan kemampuan. Apakah semuanya ini sudah dikuasai. Demikian pula biaya yang tersedia dapat memedai, batas waktu yang diberikan cukup, tidak sulit mencari pembimbing, ada kemungkinan kerjasama dengan pihak-pihak lain dalam penyelengaraan riset.

b. Obtainable Topic
    Guna membahas topik cukup tersedia bahan-bahan. Kepustakaan bagi pengembang hipotesa lengkap, tekhnik pengumpulan data dikuasai, faktor-faktor yang merintangi pengumpulan data seperti masalah letak daerah, penguasaan bahasa, larangan-larangan sosial, top secret dan sebagainya dapat diatasi.

c. Significance of Topic
    Cukup penting untuk diselidiki, yaitu suatu thesis/disertai yang disusun harus memberikan sumbangan kepada pengetahuan yang ada. Jadi diharapkan tulisan tersebut akan menghasilkan problematika baru dan atau pemecahan baru, bukan sekedar duplikasi (kecuali kalau pengolahan kembali benar-benar diperlukan atau ada rasa tidak puas dengan penelitian sebelumnya. Demikian pula topik itu mempunyai kegunaan praktis yang mendesak dan terhadap hasil penelitiannya banyak orang yang tertarik.

d. Interested Topic
    Topik dapat mengaktifkan minat yang pasif, tanpa ada hadiah-hadiah tersembunyi atas kesuksesan penelitiannya. Menarik minat untuk dibahas dan diteliti, yang timbul dari keinginan ilmiah (scientific truth), bukan karena sikap berprasangka untuk membuktikan "kebenaran pendapat pribadi". Sikap berprasangka yaitu anggapan sebelum mengetahui duduk persoalannya (biased attitude). Akibatnya data yang dikumpulkan hanyalah data yang mendukung pendapat pribadi itu, yang melemahkan. bertentangan digelapkannya (Marzuki, 1989;26).   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar