UNIVERSITY OF GUNADARMA

Rabu, 12 Oktober 2011

-REVIEW JURNAL-


Nama Penulis / Tahun
 Yudi Farola Bram/ 2005
Judul Penelitian
Analisis Efektivitas Iklan Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran  Perusahaan Percetakan dan Penerbitan PT Rambang dengan menggunakan Metode Epic Model
Sumber Jurnal / URL
http://digilib.unsri.ac.id/download/Jurnal%20MM%20Vol%203%20No%206%20Artikel%203%20Yudi%20FB.pdf
Masalah / Tema / Topik
Apakah iklan yang digunakan oleh perusahaan percetakan dan penerbitan PT Rambang
sudah cukup efektif dipandang dari tingkat empathy (empati), persuasion (persuasi), impact (dampak) serta communication (komunikasi) di masyarakat ?
Tujuan Penelitian
Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas iklan
yang sudah digunakan oleh PT Rambang sebagai salah satu strategi pemasaran yang sudah dilakukan.
Teori-teori yang digunakan
-  Periklanan
-  Faktor-faktor Yang Perlu Dipertimbangkan dalam beriklan
-  Efektifitas Periklanan
-  Efektifitas Iklan diukur dengan Metode Epic Model
Hipotesis

Metode-metode Penelitian
Objek
-Pengamatan Langsung
-Wawancara
Jenis Data
Convenient sampling
Metode Analisis
Software SPSS (Statistics for Products and Services Solution) for windows ver 11.5
Model/teori yang di uji
-uji T
-uji F
-Simple Regression Linier
Sumber Jurnal / URL
Deskriptif/interpretasi data
Dengan merumuskan dan menafsirkan data yang diperoleh, menyusun dan mengklasifikasikan serta menganalisis, dan menginterprestasikannya sehingga memberikan gambaran yang jelas mengenai keadaan perusahaan.
Analisis/hasil-hasil
Hasil analisa korelasi (pada tingkat signifikansi 0,05 atau tingkat
kepercayaan 95%), diperoleh hasil pengujian yang menunjukkan bahwa koefisien korelasi
antara Belanja Iklan (X) dengan Volume Penjualan (Y) memiliki nilai signifikansi sebesar
0.000, karena nilai signifikansi tersebut berada dibawah 0.05, ini berarti memang terdapat
hubungan (korelasi) antara Belanja Iklan dengan Volume Penjualan tersebut
Kesimpulan dan Keterbatasan
Kesimpulan
Efektifitas iklan dari keempat faktor EPIC tersebut dinyatakan efektif karena
berdasarkan analisa dan pembahasan pada bab sebelumnya didapatkan hasil perhitungan dari
masing-masing variabel berturut-turut adalah 3,558, 2,395, 3,570, dan 3,870.
Perusahaan dapat lebih menekankan pada peningkatan dan mempertahankan faktor dominan ini dalam
upaya mempertahankan efektifitas iklan.
Analisis regresi yang dilakukan terhadap variabel Biaya promosi sebagai variabel
independen/bebas dan Volume Penjualan sebagai variabel dependen/terikat juga menunjukkan
efektifitas kegiatan promosi yang dilakukan secara signifikan. Hal ini terlihat dari analisis
korelasi, uji F, Uji T dan parameter regresi yang memberikan hasil yang signifikan terhadap
efektifitas kegiatan promosi terhadap peningkatan volume penjualan.
Kontribusi pada masyarakat
-  Untuk penelitian lebih lanjut, sangat disarankan untuk  menambah faktor independennya sesuai dengan beberapa teori yang sudah diungkapkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar